Memahami Karakter Kejadian dalam Tenses

Hallo Semua,

Pengunjung Blog Mister Aviv , Senang sekali bisa menulis artikel selanjutnya mengenai Karakter/sifat kejadian  dalam tenses. dan postingan yang lalu kita sudah mengenal bentuk waktu dan karakter yang mempengaruhi perubahan kata kerja dalam tenses. yang belum sempat membaca postingan sebelumnya anda bisa membaca artikelnya disini.
Baiklah seperti judul postingan, kita akan membahas mengenai Karakter Kejadian dalam Tenses.

Perubahan kata kerja dalam tenses, salah satunya di pengaruhi oleh sifat atau karakter kejadian. Apakah anda sudah mengetahui sifat/karakter kejadian dalam tenses?? mari kita simak penjelasan berikut!

 

Macam - Macam Sifat atau Karakter Kejadian 

Ada empat sifat kejadian yang mempengaruhi perubahan kata kerja :
  1. Kejadian sederhana
  2. sedang berlangsung/dikerjakan
  3. sudah selesai/dikerjakan
  4. masih tetap berlangsung

Penjelasan

  • Kejadian sederhana   
Sifat Kejadian sederhana merupakan kejadian yang dilakukan berulang - ulang yang merupkan
aktifitas keseharian kita dan selalu sama atau suatu kejadian yang tidak menekankan pada bagaimana pekerjaan tersebut dilakukan.
intinya anda hanya ingin mengungkapakan/menceritakan  kejadian tersebut.
Example : I go to school everyday , i don't like an apple. 
I will go to school tomorrow, She went to my house last night. 
( intinya adalah suatu kejadian yang biasa saja dan anda hanya ingin menceritakannya )
  •  Kejadian sedang berlangsung
Kejadian sedang berlangsung merupakan suatu kejadian yang sedang terjadi atau di lakukan pada waktu tertentu, jadi kejadian nya sedang dialami oleh anda. namun kejadian yang sedang dialami bukan berarti kejadian nya di alami sekarang ini, tapi kejadian tersebut bisa juga di alami atau sedang berlangsung di wakti lampau dan di masa yang akan datang.
Misalakan sekarang ini, anda sedang melakukan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung yaitu membaca artikel saya, atau mungkin sekarang juga sedang duduk dan memperhatikan layar komputer atau Pc, nah. pekerjaan itulah yang sedang di kerjakan oleh anda ( duduk,melihat,membaca ) adalah kejadian yang sedang berlangsung ( dalam contoh ini pekerjaan yang sedang di berlangsung ketika anda membaca artikel saya, berarti kejadian nya sedang berlangsung di waktu sekarang )

  • Kejadian sudah selesai
Pembahasan berikutnya adalah tentang kejadian yang sudah selesai/dilakukan. 
Jadi pekerjaan tersebut telah selesai anda kerjakan pada saat anda berbicara.
Contoh kasus : Misal sekarang Jam 8 malam, pada saat ini anda sedang membaca artikel saya ( Continuous ) sebelum jam 8, coba anda mengingat-ingat pekerjaan apa yang sudah anda selesaikan?
Pastilah ada banyak pekerjaan yang sudah anda selesaikan bukan sebelum jam 8 malam?
misal jam 7, anda sudah menegerjakan PR atau sudah selesai belajar untuk besok. banyak sekali kejadian yang bermakna perfect yang anda alami, namun kadang kita masih bingung pada bagian ini. 
  • Kejadian masih tetap berlangsung
Bagiamana dengan kejadian ini? apakah anda sudah mempunyai gambaran?
Kejadian yang tetap berlangsung menekankan pada sebuah durasi waktu dalam menjalani suatu kegiatan.
misal sekarang jam 8 malam, anda sedang duduk di kursi anda, anda ingat tidak jam berapa anda memulai duduk? dan jam sudah berapa lama pekerjaan tersebut anda lakukan?
jadi jika anda memulai duduk jam 7 dan sekarang jam 8 ,ada durasi waktu anda melakukan pekerjaan tersebut. dari jam 7, 7.15, 7.30, 7.45. 8 kejadian nya tetap berlangsung.

Nah, itulah beberap jenis sifat kejadian yang mempengaruhi perubahan kata kerja dalam tenses. jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan ditanyakan di kolom komentar.
Agar lebih cepat mengetahui Informasi yang menarik sebaikanya anda ikuti Fan Page kami  informasi lebih cepat dan terupdate.

Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Terimaksih telah menyempatkan membaca blog ini

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal waktu dan Karakter kejadian dalam tenses

Kursus TOEFL di Kebumen